Supaya Tidak Boros, Beginilah Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil!

Asuransi mobil Garda Oto kali ini akan membahas mengenai penghematan BBM yang bisa kita lakukan pada mobil kita. Mobil memang menjadi kendaraan yang sangat banyak digunakan saat ini, terutama di wilayah perkotaan yang sibuk seperti Jakarta. Penggunaan mobil yang efisien dan nyaman membuat kendaraan ini sangat cocok untuk digunakan dalam kondisi apa pun. Tidak heran jika kendaraan yang satu ini sangat sering digunakan.
Namun, semakin sering digunakan, maka semakin banyak juga bahan bakar yang diperlukan untuk menggerakkan mobil. Harga bahan bakar mobil jauh lebih mahal dibandingkan harga bahan bakar motor. Hal inilah yang membuat kita harus lebih cermat lagi dalam menggunakan mobil agar bahan bakar yang ada di dalamnya tidak cepat habis.
Namun, bagi anda yang sering menggunakan mobil, hal ini tentu tidak dapat dihindari. Mau tidak mau, anda pun harus merogoh kocek yang cukup besar untuk membeli bensin mobil anda. Anda tentu bertanya-tanya, adakah cara yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan bahan bakar mobil anda?
Tentu saja ada. Beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menghemat bahan bakar pada mobil anda adalah sebagai berikut.
Isi Bahan Bakar Saat Pagi Hari
Jika anda belum tahu, semua bahan bakar yang ada di SPBU disimpan di dalam tangki penyimpanan yang diletakkan di bawah tanah. Saat pagi hari, suhu udara masih agak dingin, yang menyebabkan bahan bakar semakin kental. Jika sudah mulai panas, bahan bakar akan semakin cair. Isilah bahan bakar saat pagi hari agar anda bisa mendapatkan bensin dalam jumlah yang lebih banyak. Dengan demikian, bensin pun tidak akan cepat habis.
Isi Bahan Bakar Jika Sudah Setengah Penuh
Jika bensin mobil anda sudah tinggal setengah, sebaiknya segera isi ulang. Mengapa demikian? Udara yang terdapat pada ruang kosong tangki bensin akan membuat bensin lebih cepat menguap, yang berarti bensin akan lebih cepat habis dari sebelumnya. Semakin banyak bensin, maka semakin sedikit juga udara yang ada di dalam tangki dan bensin pun tidak akan mudah menguap.
Injak Pedal Gas Dan Rem Dengan Perlahan
Hal inilah yang sering disepelekan oleh banyak orang. Menginjak pedal gas dan rem yang terlalu dalam akan membuat penggunaan bensin semakin besar. Untuk itu, injaklah pedal gas dan rem dengan perlahan.
Pastikan Ban Tidak Kempes
Ban yang kempes akan membuat laju mobil akan semakin lambat. Hal ini membuat mesin harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan mobil. Mesin membutuhkan bensin untuk dapat bergerak. Semakin besar kinerja mesin, semakin besar juga penggunaan bensin. Pastikan bahwa ban masih terisi sebelum berangkat dan tidak kempes.
Parkir Di Tempat Yang Teduh
Panas yang dihasilkan oleh matahari akan membuat bensin yang ada di dalam tangki lebih cepat menguap. Untuk itu, hindari tempat parkir yang panas dan carilah tempat parkir yang teduh, seperti di bawah pohon, gedung, tembok dan sebagainya. Jika tidak, tutupilah mobil dengan sarung khusus mobil agar proses penguapan pada bensin dapat diminimalisir.
Jangan Bawa Muatan Berlebih Pada Mobil
Mobil dengan muatan berlebih akan membuat laju mobil semakin lambat, yang tentu saja akan membuat kerja mesin mobil semakin keras. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk mesin mobil karena akan membuat mesin mobil rusak. Selain itu, penggunaan mesin mobil yang terlalu keras akan membuat penggunaan bensin semakin besar. Untuk itu, pastikan bahwa barang yang anda bawa pada mobil sesuai dengan kapasitas muatan mobil anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *